2 Sep 2023

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH?

Aksi Nyata : Mengapa Kurikulum Perlu Berubah

Kurikulum sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan semua arah dan tujuan pendidikan diatur di dalam kurikulum sehingga dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran guru akan berpatokan pada kurikulum yang dipakai di satuan pendidikannya. Kurikulum juga merupakan panduan pembelajaran pada satuan pendidikan dimana dapat dimaknai sebagai titik awal sampai titik akhir dari pengalaman belajar peserta didik. 

Dalam sejarah pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang tujuannya sudah tentu untuk menyesuaikannya dengan perkembangan dan kemajuan zaman, guna mencapai hasil yang maksimal.Perubahan kurikulum didasari pada kesadaran bahwa perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional, termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan.

Terdapat beberapa alasan mengapa kurikulum perlu berubah, diantaranya adalah : 

  1. Tantangan zaman yang dihadapi oleh murid sekarang berbeda dengan tantangan zaman yang kita hadapi di masa kita masih menjadi murid dahulu.
  2. Kurikulum harus dikembangkan/diadaptasi sesuai dengan konteks dan karakteristik peserta didik
  3. Kurikulum harus disiapkan untuk generasi yang akan datang dan mampu memandang kedepan
Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa, maksud atau tujuan Pendidikan adalah untuk menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun sebagai anggota masyarakat. Maka dari itu, demi menuntun kodrat murid-murid kita, pembelajaran termasuk kurikulum yang diselenggarakan juga harus terus menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. 

Contoh Umpan Balik 

Sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Ki Hadjar Dewantara, kurikulum harus selalu berubah agar sesuai dengan perkembangan zaman, apalagi masa sekarang ini Ilmu Pengetahuan dan teknologi informasi telah berkembang dan pembelajaran akan membosankan tanpa adanya perubahan bukankah tugas kita untuk menyiapkan para peserta didik kita menghadapi zaman yang baru, zaman yang sama sekali berbeda dengan zaman kita dulu. Dulu ketika saya sekolah belum mengenal mesin tik, awal kuliah mulai menggunakan mesin tik, lalu perlahan mulai  diperkenalkan dengan komputer yang masih sebatas mengetik saja dan semua masih tersimpan dalam floppy disk. Namun, pada  zaman sekarang jangankan mahasiswa, anak Usia Dini (Balita) saja sudah pandai memainkan handphone, anak SD sudah pandai menggunakan laptop. Cita-cita anak sekolah jaman dulu kebanyakan hanya sebatas ingin menjadi dokter, pilot, polisi, tantara, guru dan lain-lain. Namun, cita-cita anak/murid jaman sekarang jauh lebih beragam selain cita-cita di atas. Mereka ingin menjadi illustrator, animasi karakter kartun, arsitek, menemukan aplikasi game, youtuber dan lain-lain.

Dengan melihat contoh perbedaan konteks, kebutuhan dan karakteristik antara peserta didik jaman dulu dan jaman sekarang maka perlu adanya perubahan kurikulum untuk menyiapkan masa depan peserta didik sesuai dengan jamannya.  Kurikulum oprasional satuan pendidikan harus bersifat dinamis artinya dapat diubah sesuai perubahan dan perkembangan budaya dan zaman, selain mengikuti zaman yang sudah diadaptasi sesuai lingkungan geografis. Kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembangkan atau diadaptasi sesuai konteks dan kebutuhan peserta didik untuk membangun kompetensi sesuai masa kini dan masa yang akan datang

Silahkan Klik Untuk Umpan Balik

2 komentar:

Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":