20 Mar 2015

Situs Makam Kuno Nangka Beurit


    Situs Nangka Beurit merupakan makam kuno Raden Aria Wangsa Goparana, yaitu seorang penyebar agama islam di daerah Subang, Purwakarta, dan Karawang. Situs Makam Kuno Nangka Beurit  terletak di Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Secara geografis makam ini berada pada ketinggian 454 m dari permukaan laut.dan berada pada posisi 06º 38’ 02,3” LS dan 107º 37’ 32,7” BT. Lokasi Situs Nangka Beurit bisa di tempuh dari arah Subang melalui jalan raya arah jalan Cagak, dari Purwakarta melalui jalan arah Wanayasa, dan dari Bandung melalui jalan arah Jalancagak untuk selanjutnya menuju arah Sagalaherang. 

Image result for situs nangka beurit
Gerbang masuk ke situs makam kuno nagka beurit

        Sesampainya di pintu makam akan ditemukan papan bertuliskan undang undang no.05/1992 pasal 26 dari Dinas Purbakala Kab. Subang Jawa Barat.yang isinya berupa perlindungan terhadap situs purbakala/cagar budaya. Jika datang dengan tujuan Wisata Ziarah kita bisa menemui Juru Kunci makam. Tanah makam situs ini adalah merupakan milik Tanah Desa Sagalaherang bukan tanah wakap pewaris. Sedangkan luas makan sekitar 500 M2 dan di sekitar makam kuno terdapat pemakaman umum  penduduk kampung setempat. Namun sejak tahun 1982 pemakaman peduduk di tempat ini tidak diperbolehkan. Pemugaran makam dilakukan pada 25 Maret 1984 dan di resmikan 27 Mei 1984. Sumber dana perawatan selama ini berasal dari para pengunjung yang datang, bukan berasal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. 

Image result for situs nangka beurit
Makam Kuno Nangka Beurit

        Makam ini ramai didatangi pengunjung dari berbagai daerah sekitar Subang dan juga dari sekitar Jabodetabek. Untuk kunjungan paling ramai biasanya bulan Maulud dan menjelang bulan Ramadhan. Keberadaan dari situs makam kuno ini membawa dampak kemajuan ekonomi bagi masyarakat sekitar dengan menjual berbagai macam souvenir dan makanan. 


Artikel Lainnya

***********
Jasa Pembuatan Taman untuk Pekarangan Rumah dan Villa
Info selengkapnya silahkan KLIK gambar di bawah 


3 komentar:

  1. We are looking for a list of people who were burried at Makam Nangka Beurit in 1867 in order to find a relative. Can anyone help us. We do not speak Bahasa.

    BalasHapus

Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":