21 Mei 2011

Dunia Fisika

Efek Fotolistrik >Sifat Partikel Cahaya

Apabila seberkas cahaya mengenai sebuah logam, ada elektron yang keluar dari permukaan logam. Gejala ini merupakan efek fotolistrik. Secara detail efek fotolistrik dapat diamati ketika dua buah pelat logam (lempengan logam tipis) yang terpisah ditempatkan di dalam tabung hampa udara. Di luar tabung kedua pelat ini dihubungkan satu sama lain (More...)

Efek Compton > Sifat Partikel Cahaya


Berdasarkan efek fotolistrik, cahaya  dipandang sebagai kuantum energi dengan energi yang diskrit. Kuantum energi ini tidak dapat digambarkan sebagai gelombang tetapi lebih mendekati bentuk partikel. Partikel cahaya dalam bentuk kuantum dikenal dengan sebutan foton (More...) 

Bintang Tertua > Yang Masih Bersinar
Hasil penemuan menunjukkan bahwa terletak di sekitar 13,4 triliun cahaya dari galaksi Bima Saksi terdapat sebuah bintang tertua yang masih bersinar. Hasil temuan ini bertentangan dengan hipotesis (More...)

Pemanasan Global > Semakin  Meningkat
Dalam kurun waktu seratus tahun terakhirini, suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) . Sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 tersebut kemungkinan (More...)

Gerhana 2011 > Di Wilayah Indonesia

        Pada tahun 2011 diprediksi akan terjadi empat gerhana matahari sebagian dan dua gerhana bulan total. Gerhana matahari sebagian pada 2011 akan terjadi pada 4 Januari, 1 Juni, 1 Juli, dan 25 November (More...)

Penerima Nobel > Fisika
Röntgen (1901) · Lorentz / Zeeman (1902) · Becquerel / P. Curie / M. Curie (1903) · Rayleigh (1904) · Lenard (1905) · Thomson (1906) (More...)

Einstein > Teori Relativitas Khusus
Relativitas khusus atau teori relativitas khusus adalah teori fisika yang diterbitkan pada 1905 oleh Albert Einstein. Teori ini menggantikan pendapat Newton tentang ruang dan waktu dan memasukan elektromagnetisme pada persamaan Maxwell (More...)
 
Einstein > Teori Relativitas Umum
Teori ini memiliki bentuk yang sama bagi seluruh pengamat, baik bagi pengamat yang bergerak dalam kerangka acuan lembam ataupun bagi pengamat yang bergerak dalam kerangka acuan yang dipercepat (More...)
 
Proses >Terjadinya Gerhana
Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian (More...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":