24 Apr 2011

Objek Wisata Situ Wanayasa


     Situ Wanayasa merupakan salah satu tempat berwisata yang terletak di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, sekitar 23 km dari Kota Purwakarta atau 83 km dari Bandung. Situ Wanayasa, merupakan sebuah danau (situ) dengan luas sekitar 7 hektar, dikelilingi pohon-pohon, bukit-bukit hijau, air danaunya bersih dan alami. Tepat di samping situ seelah utara terdapat Gedung Kewedanaan menjadi sarana aktifitas kebudayaaan dan pembangunan sarana wisata berupa Guest House. 


      Pada tahun 2007 Badan Pariwisata Kabupaten Purwakarta telah melakukan upaya penataan kawasan Situ Wanayasa, antara lain pembuatan gazebo, yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk tempat beristirahat sambil menikmati keindahan panorama Situ Wanayasa, selain itu pula telah dibuat juga jembatan semi permanen yang menghubungkan dari sisi ke pulau kecil yang terletak ditengah situ, sehingga kini pulau kecil yang berada ditengah situ dapat dicapai pengunjung dengan mudah, dimana dalam tahun yang sama telah dilakukan pula penataan taman ditengah Situ tersebut, antara lain penyediaan beberapa tempat duduk yang dapat dipakai pengunjung untuk bersantai.
     Situ Wanayasa merupakan kawasan wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan, karena secara geografis  terletak di antara tiga tempat pariwisata terkenal yaitu Tangkuban Parahu, Ciater dan danau Jatiluhur.
    Situ Wanayasa memiliki sebuah pulau kecil ditengah-tengah danau yang  ditumbuhi pohon pinus yang sudah menjulang tinggi.Untuk sampai ke pulau kecil tersebut para wisatawan atau para pengunjung biasanya pada naik rakit yang telah disediakan pihak pengelola.
Situ Wanayasa dapat dikembangkan menjadi tempat rekreasi air berupa pemancingan, sepeda air, perahu dayung, restoran terapung dan sebagainya. Sementara di lingkungan sekitarnya yang dapat dikembangkan, antara lain seperti home stay, guest house, rumah makan, taman rekerasi, usaha cinderamata, hiking, arena melukis, menggambar, horse riding, jogging, sarana out bound dan wisata pendidikan, seperti cara bertani manggis dan cara berkebun lainnya yang difokuskan kepada para pelajar atau mahasiswa.
    Situ Wanayasa sering jadi persinggahan dan tempat melepas lelah para pengguna perjalanan Jakarta-Bandung sambil menikmati suasana keindahan dan keindahan gunung burangrang yang berwarna hijau nan indah untuk dilihat.

Objek Wisata Lainnya


***********
Jasa Pembuatan Taman untuk Pekarangan Rumah dan Villa
Info selengkapnya silahkan KLIK gambar di bawah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":