8 Apr 2015

Asal-Usul Nama Tenggeragung Sagalaherang

Berawal dari hanya duduk-duduk di depan rumah sambil minum kopi karena tidak ada kerjaan, lalu iseng memikirkan asal-usul nama suatu tempat kampung kelahiranku yang bernama Tenggeragung. Entah mengapa dalam pikiranku timbul rasa ingin tahu mengapa kampung ini dinamai Tengger agung. Meskipun artikel ini kelihatan agak lucu dan tidak bermutu tapi dengan suguhan segelas kopi hangat mudah-mudahan menjadikan bacaan santai. Namun rasanya suatu hal yang wajar dan menjadi keharusan untuk mengetahui semua seluk-beluk kampung halaman kita masing-masing. 
Tenggeragung adalah sebuah Kampung yang terletak di Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Kampung ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Tenggeragung Kidul dan Tenggeragung Wetan.

Uniknya kampung ini memiliki beberapa nama, diantaranya ada yang menyebutnya Tinaragung, Sinaragung, dan Tenggeragung. Nama Tinaragung dan Sinaragung dikenal dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik oleh penduduk Tenggeragung itu sendiri maupun penduduk dari daerah/kampung lain.  Dalam kehidupan sehari-hari sangat jarang penduduk setempat menyebutnya dengan nama Tenggeragung. Sedangkan nama Tenggeragung digunakan sebagai nama formal untuk urusan dinas dan pemerintahan, dengan kata lain Tenggeragung merupakan nama resmi untuk kampung ini.
Penasaran dengan asal-usul nama tersebut saya pun mencari berbagai sumber, mula-mula saya mencarinya  di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tetapi di KBBI tidak ada kata Tenggeragung yang ada hanya kata  yang terpisah yaitu Tengger dan Agung. Berdasarkan KBBI  Tengger artinya Berdiam atau Bertempat Tinggal , dan Agung artinya besar/mulia/luhur. Kalau dua kata tersebut kita rangkai maka Tenggeragung mungkin berarti Berdiam/Bertempat tinggal di daerah yang besar (luas), atau Berdiam/Bertempat tinggal di daerah yang mulai/luhur,  atau mugkin juga dapat diartikan Tempat tinggal yang luas, atau Tempat tinggal yang mulia/luhur, atau bisa jadi diartikan sebagai Tempat tinggal orang-orang  mulia. 

Tidak puas dengan apa yang saya dapat dari KBBI apalagi hasil penafsiran sendiri, saya pun mencoba googling di internet. Disana banyak mengaitkan nama Tenggeragung dengan sejarah penyebaran agama islam di Daerah subang, Purwakarta, Cianjur, dll khususnya di Sagalaherang (baca: Sejarah Sagalaherang). Konon TenggerAgung  itu artinya Batu Agung yaitu negaranya Syech Zubaedi sang raja jin islam. Tempat tersebut dipakai tafakur oleh Raden Aria Wiratanudatar (Dalem Cikundul)  putera Raden Aria Wangsa Goparana (baca : Raden Aria Wangsa Goparana). Yang makin menjadi penasaran buat saya, apakah nama Tenggeragung yang sekarang dijadikan nama salah satu wilayah di kecamatan Sagalaherang tersebut ada hubungannya dengan  nama Tenggeragung dalam sejarah Raden Aria Wiratanudatar? Lalu, dari mana asal usul nama Tinaragung atau Sinaragung?
Bagi yang tahu asal usul nama Tengger agung, tinar agung, ataupun sinar agung silahkan tulis di kolom komentar ini.


Artikel Lainnya :




5 komentar:

  1. pada jaman dahulu kala mereka semua itu manusia yang miskin tapi jadi orang kaya baru setelah main di okbpoker

    POKER TERLARIS INDONESIA
    AGEN POKER TERLARIS
    POKER PALING LARIS
    AGEN POKER PULSA
    BONUS NEW MEMBER POKER
    POKER DOMINO
    CAPSA POKER
    CAPSA99
    BONUS POKER TERBESAR
    AGEN POKER INDONESIA TERLARIS

    Silakan hubungi kami melalui cara di bawah ini
    BBM : OKBPOKER
    WhatsApp : 081362175344
    LINE : OKBPOKER.COM
    LiveChat yang aktif terus 24 jam setiap hari

    BalasHapus
  2. asal usulnya pasti sudah berlanjut terus dari jaman dahulu kala

    POKERWAW
    BANDAR POKER RESMI
    DAFTAR POKER
    CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA
    MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA
    AGEN POKER PULSA
    BONUS MEMBER BARU
    WOW KEREN
    WOWKEREN
    POKER PULSA

    Hubungi kami melalui cara di bawah ini
    BBM : POKERWAW
    WhatsApp : (+855)715381888
    LINE : POKERWAW
    LIVECHAT POKERWAW

    BalasHapus

Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":