. Kerangka Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Aug 19, 2011

Kerangka Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

JUDUL
  • Judul yang sesuai untuk PTK:
  • Upaya peningkatan Y melalui X bagi siswa
  • kelas…SD/SMP/…pada semester… tahun…
  • Peningkatan Y melalui X bagi ….
  • Optimalisasi Y melalui X bagi…
  • Penggunaan X untuk meningkatkan Y bagi..
  • Meningkatkan Y melalui X bagi ….
  • Melalui X untuk meningkatkan Y bagi ….

A. PENDAHULUAN
  1. Latar belakang masalah
         Latar belakang masalah berisi:
  • Kondisi yang diidealkan
  • Masalah yang dihadapi dan indikatornya
  • Penyebab munculnya masalah
  • Solusi yang ditawarkan peneliti: konsep solusi dan rasionalnya
     *) Urutannya bisa diubah 2, 3, 1, 4

      2.   Rumusan masalah
      Rumusan masalah berbentuk pertanyaan:
  • Apakah solusi yang diusulkan peneliti dapat memecahkan masalah? Bila dapat, seefektif apa solusi tersebut?
  • Bagaimana keefektifan pembelajaran/ motivasi belajar siswa, dll ketika solusi masalah tersebut diterapkan?
  • Apa kelebihan dan kelemahan solusi tersebut bila diterapkan di dalam setting?
       3. Tujuan
      Tujuan umum: memecahkan masalah yang terjadi di dalam setting.
      Tujuan khusus: menjawab pertanyaan yang dikemukakan dalam rumusan masalah.
      *) Tujuan penelitian diekspresikan dalam bentuk kalimat deklaratif.

     4. Manfaat
        Bagian ini berisi deskripsi tentang manfaat yang dapat dipetik setelah PTK selesai dilaksanakan. 
       Ada    baiknya manfaat tersebut dirinci untuk pihak-pihak tertentu yang terkait dengan dilaksanakannya
        PTK, seperti untuk (1) guru, (2) siswa, (3) sekolah, (4) peneliti lain, dan (5) pengambil kebijakan.

B. KERANGKA TEORITIK DAN HIPOTESIS TINDAKAN
     Bagian ini mengemukakan deskripsi teoretis konsep-konsep kunci yang terdapat dalam judul/rumusan
     masalah penelitian. Prosedurnya adalah: (1) memilih sumber-sumber teori yang relevan, (2)  mendeskripsikan masing-masing teori terpilih, (3) melakukan analisis kritis terhadap masing-masing teori, (4) melakukan analisis komparatif berdasarkan hasil analisis kritis, (5) mengembangkan konstruk: memilih salah satu teori atau membuat sintesis dari berbagai teori.
Hipotesis tindakan berupa pernyataan bahwa solusi yang ditawarkan benar-benar dapat menyelesaikan masalah.

C.  METODOLOGI PENELITIAN
  1. Rancangan Penelitian
    a. Setting penelitian (subyek dan lokasi)
        Setting penelitianmenjelaskan:
  • Tempat penelitian, yang berisi(1) nama kelas, (2) nama sekolah, (3)alamat sekolah, (4) deskripsi geografis sekolah dan lingkungannya, dan (5) deskripsi reputasi sekolah
  • Waktu penelitian, yang berisi uraian kegiatan penelitian dan waktu pelaksanaannya (dalam bentuk matriks)
  • *) Deskripsi setting penelitian menjadi “konteks” simpulan penelitian

      b.  Rencana tindakan

      c. Skenario tindakan
      d. Alat
      e. Personal, dll
   2. Data dan cara pengumpulannya
   3. Analisis dan refleksi

ANGGARAN
DAFTAR PUSTAKA

Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":