13 Mar 2011

Dahsyatnya Tsunami Jepang


    Gempa tektonik berkekuatan 8,9 skala richter  diserta tsunami yang sangat dahysat kembali melanda jepang pada Tanggal 11 Maret 2011. Dahsyatnya tsunami yang terjadi hingga menjangkau beberapa negara yang terhubung langsung dengan samudera pasifik, termasuk beberapa bagian wilayah di Indonesia. Wilayah Indonesia yang terkena dampak tsunami diantaranya Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua.


     Menurut sumber pemberitaan media internasional Associated Press (AP), pada hari ini, Minggu (13/3/2011), jumlah korban meninggal dunia diperkirakan sudah mencapai 10 ribu orang, dimana mereka semua bermukim di wilayah Prefektur Miyagi. Diketahui Miyagi, memiliki populasi sebanyak 2,2 juta jiwa dan merupakan satu dari tiga prefecture yang paling keras dihantam gempa dan tsunami. Namun berdasarkan data resmi Pemerintah Jepang, korban meninggal dalam bencana yang terjadi di hari Sabtu sore itu sudah mencapai 1200 orang. Angka itu termasuk 200 jenazah yang diketemukan di sepanjang pesisir pantai Minggu pagi, dan 739 orang yang telah dinyatakan hilang.
Pihak Pemerintah Jepang, sendiri saat ini masih terus melakukan operasi penyelamatan dan pencarian. Perdana Menteri Jepang, Naoto Kan, Minggu pagi menyatakan, pihaknya telah melipatgandakan pasukan yang diterjunkan dalam misi penyelamatan dan pencarian tersebut.
"Jumlahnya kita lipat gandakan hingga 100 ribu orang," tuturnya dalam rapat Satuan Tugas Penanganan Bencana, Minggu pagi. Ia juga mengatakan, Pemerintah Jepang harus mensuport langsung beberapa daerah dan kota, yang lumpuh pasca bencana.
Gempa dan Tsunami yang terjadi di Jepang telah melumpuhkan perekonomian Jepang khususnya dan kemungkinan berdampak pada perekonomian global. Mari kita semua berdoa bersama demi keselamatan Jepang dan semoga ekonomi Jepang segera pulih kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":