. Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya

Jan 4, 2011

Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya

       Salah satu hal yang memprihatinkan dalam dunia pendidikan bangsa kita saat ini adalah semakin tingginya angka kenakalan dan kurangnya sikap sopan santun serta menurunnya moral anak didik. Entah itu dipandang sebagai akibat dari buruknya sistem pendidikan saat ini atau karena penyebab lain, seperti minimnya perhatian guru terhadap pendidikan dan perkembangan karakter anak didik atau perkembangan teknologi internet yang massif, bisa berdampak buruk jika tak ada upaya efektif untuk menangkalnya.
     Padahal bangsa Indonesia dulu sangat memegang teguh sopan santun. Ironis jika saat ini bangsa Indonesia tak berpijak pada nilai-nilai budaya dalam bertindak atau bahkan tak memiliki karakter yang kuat. Untuk itu, pembinaan pada generasi muda menjadi hal yang urgen dilakukan saat ini.Kelebihan dan kekuatan seseorang jika tak disertai karakter yang baik, akan menjadi kekurangan dan kelemahan yang berdampak dua kali lebih besar daripada kelebihan dan kekuatan orang itu.
     Oleh karena itu pendidikan yang berkarakter dan berbudaya harus segera diterapkan dalam kurikulum pendidikan nasional. Selain guru, orang tua juga punya kewajiban menerapkan pendidikan tersebut. Bahkan, orang tua merupakan kunci melindungi anak dari dampak buruk perkembangan teknologi.

Related Post :

  • Pendidikan Berkarakter
  • Lesson Study dalam Pembentukan Pendidikan Berkarakter
  • Kurikulum Pendidikan Berkarater
  • Membangun Pendidikan Berkarakter
Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":