. FUNGSI TEKNOLOGI DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Jan 8, 2011

FUNGSI TEKNOLOGI DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Kemajuan teknologi telah mendorong manusia untuk mengubah alam dan membuat hal-hal baru. Melalui teknologi , sesuatu yang dulu tidak mungkin kita lakukan sekarang menjadi mungkin untuk dilakukan, sesuatu yang susah dikerjakan kini menjadi mudah dikerjakan. Telah banyak dampak lingkungan yang muncul akibat teknologi. Teknologi telah dianggap sebagai alat bagi manusia untuk mengekploitasi lingkungan. Namun, teknologi juga dikembangkan manusia untuk mengelola lingkungan guna pelestariannya.
Pada bab ini kita akan mempelajari fungsi teknologi dalam pengelolaan lingkungan hidup karena itu setelah mempelajarinya kita diharapkan dapat memahami tentang :
1.      Pengertian dan fungsi teknologi dalam pengelolaan lingkungan
2.      Jenis-jenis teknologi dalam  pengelolaan lingkungan
3.      Dampak perkembangan teknologi terhadap lingkungan
A.     Pengertian dan fungsi teknologi dalam pengelolaan lingkungan
Apakah kita sudah mengetahui yang dimaksud dengan teknologi? Apabila kita  pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda motor tentu akan lebih cepat sampai ke tujuan dari pada yang berjalan kaki ; menumbuk padi dengan menggunakan mesin penggiling jauh lebih mudah dari pada di tumbuk dengan kayu. Cepat dan mudah itulah tujuan dari pemanfaatan teknologi.
Teknologi adalah produk atau hasil dari sebuah ilmu pengetahuan yang bersifat praktis. Teknologi diciptakan manusia untuk membantu mengolah alam, mempermudah kegiatan, dan lain sebagainya yang terkait dengan kebutuhan manusia. Dapat kita katakan bahwa teknologi merupakan cara dan usaha untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Karena melalui pemanfatan teknologi, manusia dapat meningkatkan kesejahteraannya.
Lingkungan merupakan sumber daya yang menjamin kehidupan  manusia beserta makhluk hidup lainnya. Dari lingkunganlah, manusia dapat memperoleh apa yang dibutuhkan, mulai dari kebutuhan  dasar seperti makan dan minum hingga kebutuhan yang lebih kompleks. Kebutuhan tersebut terus meningkat dari waktu ke waktu, seiring dengan meningkatnya jumlah manusia.
Antara meningkatnya kebutuhan manusia dengan kemampuan lingkungan untuk memproduksi sering tidak seimbang. Akibatnya terjadi kelangkaan sumber-sumber pemenuhan kebutuhan. Persaingan antara manusia pun terjadi semakin ketat. Berbagai cara terus dilakukan manusia untuk bisa memanfaatkan  alam lingkungan ini.
Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita telah diciptakan sebagai manusia yang berakal. Akal dikaruniakan Tuhan adalah untuk berfikir, agar manusia mendapatkan ilmu pengetahuan dan menciptakan teknologi. Melalui teknologi, manusia mampu mengubah apa-apa yang di alam sehingga dapat terpenuhi kebutuhannya.
Kebutuhan manusia sangat tidak terbatas dan beranekaragam. Karena itu, perkembangan teknologi juga bermacam-macam sesuai kebutuhannya tersebut. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan maka teknologi juga mengalami perkembangan dengan pesat. Ada teknologi  pertanian, teknologi industri, teknologi transportasi, teknologi komunikasi, teknologi kesehatan dll.
Saat ini kehadiran teknologi telah menjadi bagian yang sangat penting dalam pengelolaan lingkungan. Melalui teknologi, manusia tidak hanya memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan, akan tetapi juga untuk menjaga dan melestarikan kualitas lingkungan. Dengan demikian, teknologi juga berfungsi untuk mengelola lingkungan ini agar tetap serasi dan selaras dengan kehidupan manusia.
B.     Jenis-jenis teknologi dalam  pengelolaan lingkungan
Teknologi juga memiliki pengertian sebagai cara yang memudahkan manusia untuk melakukan  kegiatan. Hal ini berarti teknologi tidak hanya berhubungan dengan alat-alat yang modern. Teknologi  juga ada yang sederhana yang diciptakan manusia sesuai dengan kemampuannya. Misalnya, membajak sawah dengan menggunakan traktor adalah pemanfaatan teknologi modern. Akan tetapi membajak sawah dengan menggunakan bajak yang ditarik oleh kerbau merupakan teknologi sederhana. Nah sekarang kita sudah paham perbedaannya.
Jika Anda Menyukai Artikel ini dan Ingin Berlangganan Artikel Lain Via Email "Masukkan Email Anda":